Cara Menentukan dan Menggunkana Rumus VLOOKUP Pada MS. Excel

Update Software - Di Ms. Excel ada berbagai macam rumus dengan banyak fungsi, salah satunya adalah VLOOKUP. Dari awal Ms. Excel ada sampai sekarang rumus ini selalu ada tidak pernah berubah.
Namun tidak semua orang paham apa kegunaan dan bagaimana cara penggunaan rumus ini. Fungsi dari VLOOKUP sendiri adalah mencari nilai dan mengambil data dari tabel refrensi berdasarkan nilai tertentu, rumus ini tidak hanya digunakan untuk satu sheet saja akan tetapi juga dapat antar sheet.
VLOOKUP berarti Vertical Look Up yaitu mencari data secara vertikal ada pula yang secara horizontal namun menggunakan rumus lain yaitu HLOOKUP

Penulisa Rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut :
=VLOOKUP(look_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])

Artinya :
look_value         : Nilai yang akan dicari pada tabel pertama (ini sebagai acuan untuk tanda nilai yang akan
                          terlihat)
tabble_array      : Tabel refrensi yang akan digunakan untuk dicari datanya dan perlu diingat kolom pertama
                         pada tabel ini sebagai acuan nilai pada look_value.
col_index_num  : Nomer pada table_array yang ingin dicari datanya.
[range_lookup] : Pilihan untuk nilai yang sama persis atau hanya mendekati saja, TRUE untuk mendekati,
                          dan FALSE untuk sama persis.

Contoh penerapannya sebagai berikut :

Pada gambar tersebut kita ingin mencari data seseorang dari nama, golongan darah dan jenis kelamin berdasarkan nomor urut, pada gambar tersebut table D15 sebagai look_value, atau data yang ingin dicari sebagai acuan. sedangkan table B4 sampai E10 sebagai table_array, caranya adalah dengan mengedragnya.

Pada cell D16 karena kita mencari data nama maka yang ditulis adalah 2 karena sebagai  col_index_num, hal ini karena pada tabel refrensi nama berada pada kolom ke 2. Pada [range_lookup] dapat ditulis False untuk menampilakn nilai yang sama persis. setelah selesai semua tinggal enter jadi deh, jika muncul #N/A maka akan saya bahas di pertemuan selanjutnya.
Rumus VLOOKUP sangat banyak kegunaannya, fungsi ini sudah ada sejak Excel versi awal atau generasi pertama sampai Excel versi terbaru. Fungsi VLOOKUP adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai tertentu. Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau horizontal lookup.


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html
Rumus VLOOKUP sangat banyak kegunaannya, fungsi ini sudah ada sejak Excel versi awal atau generasi pertama sampai Excel versi terbaru. Fungsi VLOOKUP adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai tertentu. Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau horizontal lookup


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html
Rumus VLOOKUP sangat banyak kegunaannya, fungsi ini sudah ada sejak Excel versi awal atau generasi pertama sampai Excel versi terbaru. Fungsi VLOOKUP adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai tertentu. Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau horizontal lookup


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html

Related Posts:

0 Response to "Cara Menentukan dan Menggunkana Rumus VLOOKUP Pada MS. Excel"

Post a Comment